Tentang Bersyukur

Dapat dari ceramah Nouman Ali Khan, di sini.

Sering banget denger ayat Quran tentang bersyukur, terutama Surah Ibrahim 7:14.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Tapi, gimana sih cara bersyukur itu? Apakah cukup dengan Alhamdulillah?

Jawaban pertanyaan tersebut, tentu saja ada dalam Quran. Mari kita simak Surah An-Naml 27:19. Nabi Sulaiman berdoa seperti ini,

Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Kenapa kita mengambil contoh dari Nabi Sulaiman? Karena Nabi Sulaiman diberikan power dan wealth melebihi manusia manapun di muka bumi, baik sebelum dia lahir maupun setelah dia mati.

  • Nabi Sulaiman meminta agar selalu diberikan ilham untuk mensyukuri nikmati yang telah diberikan kepadanya dan kedua orang tuanya. Lho, kenapa kedua orang tuanya? Kan dia yang diberikan nikmat yang melimpah? Simple, Nabi Sulaiman bukan siapa-siapa tanpa bimbingan orang tuanya. Jadi saat kita mendapatkan kenikmatan, maka seharusnya kita juga berdoa untuk kedua orang tua kita.

  • Nabi Sulaiman memohon agar tetap bisa mengerjakan kebaikan yang Allah rida. Lho, bukannya kita mengerjakan kebaikan pasti Allah rida? Belum tentu, bisa saja ada unsur riya dalam hati. Bersedekah itu tindakan mulia, tapi bila bersedekah dengan niat riya? Tindakan bagus itu hanya untuk manusia, tapi hanya omong kosong di mata Allah.

  • Nabi Sulaiman memohon dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang shaleh. Ini sudah jelas, bagaimana seseorang bisa menjadi racun untuk orang lain. Apakah kita nyaman saat berada di sekeliling orang yang selalu mengeluh, denial dan playing victim? Saat kita di sekeliling orang saleh, kita akan selalu diingatkan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, diingatkan untuk selalu menjaga kebenaran dan diingatkan untuk sabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *